Read more: http://farhanshare.blogspot.com/2012/09/cara-agar-artikel-blog-tidak-bisa-di_1.html#ixzz2DCUyiOba .: Komik, Bacaan yang Menyenangkan

Jumat, 29 April 2011

Komik, Bacaan yang Menyenangkan

Membaca komik, banyak orang yang suka melakoni hobi ini. Kalau nggak percaya nih sobeX, coba aja tengok tuh di toko-toko buku. Banyak loh pelajar atau mahasiswa yang menyeroboti rak komik. Bahkan, kalau coba digeledah tasnya satu persatu dalam kelas, mungkin sobeX bakalan menemukan komik di tas mereka.
Tentunya ada alasan masing-masing dong tentang kesukaannya membaca komik. Alasan itu pasti berbeda antara satu orang dengan yang lain. Nah, kayaknya  Xpresi pengen tahu nih alasan sobeX yang suka baca komik. Yuk kita cari tahu.


Aidina Fitra misalnya, mahasiswa yang akrab dipanggil Ade ini menuturkan jika ia membaca komik karena komik menyajikan cerita yang seru. Bagi mahasiswa jurnalistik ini cerita komik menarik untuk dikonsumsi karena lebih disetting dengan percakapan yang membuat pembacanya lebih mengerti dengan apa maksud dari cerita tersebut.

Sedangkan Felgi Cicho Fananta menuturkan jika ia suka  baca komik karena di komik banyak menyuguhkan gambar sehingga pembacanya merasa tidak jenuh membaca komik. Selain itu, pelajar yang baru saja menyelesaikan ujian nasional di SMAN 1 Lubukbasung ini menuturkan membaca komik itu lebih simpel karena waktu membacanya nggak banyak alias cepat selesainya.

Walaupun cewek nih, Nila Sari Ningsih juga mengaku menyukai membaca komik. Ia sependapat dengan teman-teman yang lain membaca komik itu menyenangkan. Hmm, ada lagi cewek yang suka baca komik, kayak Dian, ia juga kayak Nila dan teman-teman yang lain yang suka baca komik. Kalau Dian alasannya lain lagi sobeX, menurut mahasiswa Bahasa Inggris ini membaca komik itu membuat hati senang karena lucu.

Bicara tentang komik nih sobeX ada banyak judul komik yang bertebaran di toko buku. Setiap orang tentunya juga punya selera masing-masing. Dan yang paling menarik, setiap jenis atau judul komik tersebut mempunyai cerita yang menarik. Ngomong-ngomong juga, sobeX itu lebih banyak suka baca komik yang judul apa yah.
Detektif Conan adalah pilihan yang pertama disampaikan oleh Felgi. Menurutnya, ia menyukai komik Detektif Conan karena cerita yang disajikan seru dan kejadian atau peristiwa pembunuhuan yang disajikan dalam komik menurut Felgi serasa benaran. Selain Detektif Conan, Felgi mengaku juga menyukai komik Doraemon.

Ade juga menuturkan jika ia juga menyukai komik Detektif Conan. Alasannya nggak jauh-jauh beda tuh dengan apa yang disampaikan Felgi yaitu cerita yang disajikan menarik. Selain Detektif Conan, Ade juga mengaku menyukai komik Naruto. Alasannya juga masih sama karena cerita yang disajikan si pengarang komik masih enak untuk dibaca.

Kalau Nila Sari Ningsih komik Favoritnya adalah Inuyasha nih sobeX. Mahasiswi STBA Prayoga ini malah punya koleksi banyak komik Inuyasha. Adib Fiwa juga sama, punya banyak koleksi bacaan komik seperti Dragon Ball, One Peace, Conan dan lain-lain.

Cerita tentang Komik
Kalau bicara komik apa nih yang ada di kepala sobeX? Yups benar banget, jawabannya adalah Jepang. Sekarang komik Jepang memang lagi banyak yang beradar di pasaran. Banyak tuh judulnnya yang nggak asing di telinga kita, kayak Conan, Dragon Ball, dan lain sebagainya.
Tapi sobeX pernah tahu juga nggak kalau sebanarnya Indonesia juga pernah berjaya dengan komik buatan dalam negeri sebeum komik-komik dari negeri sakura mewabah di Indonesia. Kundala Putra Petir, Godam atau Si Buta dari Goa Hantu. Ketiganya merupakan hero komik Indonesia yang sempat berjaya di era tahun delapan puluhan.

Kalau secara pengertian komik dalam kamus Advanced English-Indonesian Dictionary amat dikemukakan, komik hanya memiliki arti kata yaitu lucu  dan berkenaan dengan komedi atau lawakan.
Definisi komik juga dituturkan Scott McCloud menulis buku Understanding Comics. Komik sebagai kata benda, menurutnya adalah, gambar-gambar serta lambang-lambang yang terjukstaposisi dalam turutan tertentu, untuk menyampaikan informasi dan/atau mencapai tanggapan estetis.

Sementara itu, komik diperkirakan muncul pada tahun 1300 sebelum masehi yang menggambarkan lukisan petani yang sedanng memanen jagung. Kemudian 2.700 tahun kemudian, ditemukan “komik” di Meksiko. Sebuah gambar berwarna berjudul “Kuku Macan” 8 Rusa ini “ditemukan” sekitar tahun 1519. Sketsa sepanjang 36 kaki (12 meter) ini menceritakan seorang pahlawan militer dan politikus besar pada tahun 1049. Lalu di benua Eropa, Prancis tepatnya ada “komik” yang dinamai Permadani Bayeux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar